Sabtu, 13 Oktober 2012

Tampil Percaya Diri dengan Baju Keren


Tampil Percaya Diri dengan Baju Keren



Adakah hubungan
baju keren dengan kepercayaan diri? Jawabannya tentu saja ada. Bahkan, dapat dikatakan baju keren memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepercayaan diri seseorang. Masih belum sepenuhnya percaya? Tenang, artikel berikut mungkin akan membuka mata Anda yang mengaggap kepercayaan diri sama sekali tidak ada kaitannya dengan baju keren.

Tak dapat dipungkiri jika percaya diri atau pede memang satu hal yang memiliki pengaruh besar dalam pergaulan kita. Bukan hanya dalam pergaulan, rasa percaya diri yang tinggi ternyata mampu menunjang karier dan kisah percintaan seseorang.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki tingkat percaya diri tinggi. Di satu sisi, ada beberapa orang yang minder atau merasa dirinya tidak lebih baik, tidak lebih cantik atau tampan, tidak lebih kaya, dan lebih pintar dari orang lain.

Perasaan minder membuat seseorang terbatas ruang pergaulannya. Orang seperti ini cenderung memilih untuk menutup diri dari orang lain sehingga ia lebih senang melakukan segala hal sendiri. Tingkat percaya diri seseorang dapat diukur atau disejajarkan dengan tingkat kemampuannya. Seseorang yang merasa mampu melakukan banyak hal akan memiliki percaya diri besar.

Baju Keren dan Kepercayaan Diri Tinggi

Percaya diri berbeda jenis dan kadarnya. Ada orang yang percaya diri dalam hal gaya dan penampilan sehingga dia bebas memakai baju keren bentuk apapun tanpa mempedulikan komentar orang. Selain itu, ada pula orang yang percaya diri dalam karier dan percintaan.

Rasa percaya diri muncul tidak terlepas dari faktor-faktor penunjangnya. Misalnya, seseorang percaya diri karena tampangnya, kepandaiannya, serta bakat lain yang dikuasainya. Salah satu penunjang percaya diri yang cukup berpengaruh adalah pakaian. Tingkat percaya diri seseorang akan bergantung pada apa yang dikenakannya.

Memakai baju keren akan membuat seseorang merasa layak tampil di hadapan umum sehingga mampu membangkitkan rasa percaya diri. Baju keren dengan sendirinya menciptakan perasaan yang ingin selalu diperhatikan orang lain. Dengan baju keren, seseorang selalu ingin mengekpose dirinya di depan publik.

Seperti Apa Sih Baju Keren Itu?


Seperti apa sih baju keren itu? Sebelum menjelaskannya, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu esensi dari kata ‘keren’ itu sendiri. Keren berarti tampak gagah dan tangkas. 


Gagah berarti pakaian yang dikenakan pantas dengan postur tubuh pemakainya sehingga membuatnya terlihat lebih gaya. Tangkas berarti pintar. Maksudnya, pakaian yang dikenakan tidak membuat pemakainya terlihat bodoh dan tidak pandai bergaul. Kuuleun dalam bahasa Sunda.

Dengan esensi keren seperti yang dijelaskan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa yang disebut baju keren adalah baju atau pakaian yang membuat pemakainya tampak gagah dan terlihat lebih gaya. Dengan kata lain, baju keren adalah baju yang mampu mendukung penampilan pemakainya.

Banyak cara yang dilakukan untuk menjadi keren. Pemilihan busana berpengaruh pada pencapaian satu kata keren. Karena manusia dalam hidupnya memiliki tingkat kepentingan yang tidak selalu sama, pemilihan pakaian harus disesuaikan dengan kepentingan. Jangan sampai, mau ke kantor memakai celana model Korea yang robek-robek meskipun itu baru!

Baju Keren Indentik dengan Branded?

Pernah mendengar istilah saltum atau salah kostum? Diupayakan kita jangan sampai mengalami hal tersebut. Untuk menghindari terjadinya saltum, sebelum menghadiri sebuah acara hendaklah kita mencari tahu konsep acaranya, siapa saja yang akan datang, tema acaranya santai atau formal, dan sebagainya.

Hal yang kemudian muncul adalah bagaimana keren itu didapat. Baju keren rata-rata mahal. Hanya orang-orang berduit yang bisa mengenakan baju keren. Eits, jangan salah! Siapa bilang baju keren itu mahal? Memang, baju keren adalah baju yang mampu mendukung penampilan pemakainya. Namun, kata keren tidak melulu bergantung pada pakaian yang dipakai. Tapi ingat,  keren tidak sama dengan branded, bukan?

Keren atau tidaknya sebuah pakaian bergantung pada kepandaian pemakainya dalam memadupadankan pakaian itu. Percuma mengenakan baju mahal jika pemakainya tidak pintar memadupadankan dengan aksesoris atau faktor pendukung lainnya. Sebaliknya baju yang tampak jadul akan berubah menjadi baju keren jika pemakainya pintar memadupadankan dengan busana dan aksesoris pendukung lainnya.

Yang paling penting dari semuanya adalah pemilihan pakaian sesuai konteks acara yang akan dihadiri pun ternyata memiliki pengaruh pada tingkat kekerenan itu sendiri. Contohnya, kemeja gombrong model 80-an milik ayah akan menjadi sebuah baju keren jika dipadankan dengan celana dan alas kaki yang pas.

Kemeja gombrong itu dapat menjelma menjadi baju keren dengan paduan jeans belel atau robek (boleh panjang atau pendek). Aksesoris pun berpengaruh pada keren tidaknya penampilan. Untuk padanan kemeja gombrong, jangan pilih aksesoris gelang atau kalung yang terlalu feminin karena akan mengurangi esensi keren itu sendiri.

Kenakanlah alas kaki yang sesuai, seperti sepatu converse. Sebagai pelengkap, gunakan topi dan biarkan rambut tergerai dengan sedikit berantakan, jika panjang. Kemeja yang tadinya terlihat biasa saja akan menjadi sebuah baju keren jika dipadankan dengan tepat dan dikenakan pada acara yang tidak formal. Gaya semacam ini cocok untuk santai, menonton konser, atau hang out bareng teman.


Simpulannya, keren bergantung pada kecerdikan kita memilih padanan tepat. Harga bukan ukuran. Dengan mengenakan baju keren ‘yang tidak selalu mahal itu’ akan meningkatkan rasa percaya diri kita.


Pakaian harus tepat pemilihannya. Jangan memakai sesuatu yang berlebihan.
Hindari aksesoris yang tidak perlu yang justru akan membuat pakaian itu berkurang kadar kerennya.Satu hal lagi, dengan mengenakan kostum yang tepat dan cocok, keren tidak harus dibeli karena akan datang dengan sendirinya. Percaya diri pun akan muncul ketika kita berbusana yang tepat.

Jika Baju Keren Harus Dibeli

Jika Anda merasa tidak memiliki baju keren sama sekali, tidak ada salahnya mengeluarkan sedikit uang untuk menunjang penampilan. Biasanya seseorang yang ingin tampil keren tidak akan terlalu perhitungan dengan uang yang harus dibelanjakan asalkan semua mampu menunjang penampilan.

Jangan sekali-kali mengenakan apa yang Anda miliki tanpa menanyakan terlebih dahulu pada diri sendiri. Mengapa? Karena kenyamanan atas apa yang kita kenakan pertama-tama akan dirasakan oleh diri sendiri. Percuma dikatakan tampil keren oleh orang lain jika baju keren yang dikenakan sama sekali tidak mendatangkan kenyamanan pada diri kita yang memakainya.

Untuk itu, belilah beberapa baju keren yang jika dikenakan akan memberikan rasa nyaman pada diri kita sekaligus memberikan dukungan pada penampilan kita. Yang perlu diingat saat membeli baju keren tentunya bukan seberapa mahal harga baju keren tersebut, melainkan seberapa pantas baju keren tersebut jika kita kenakan.

Daripada membeli baju keren yang mahal, alangkah lebih berguna jika sisa uang yang kita punya dibelikan aksesoris atau busana pendukung baju keren kita, bukan? Dengan demikian, penampilan kita dengan baju keren tersebut ditambah dukungan yang pas dari busana dan aksesoris lainnya akan menghadirkan rasa kepercayaan diri yang tinggi.
Selamat berkreasi dengan baju keren yang Anda miliki, dan bersiaplah tampil dengan percaya diri. Semoga bermanfaat!

1 komentar: